Juknis Penyaluran TPG Bagi Guru Madrasah Tahun 2020

Juknis Penyaluran TPG Bagi Guru Madrasah

Pengertian Umum

Tunjangan Profesi Guru (TPG) adalah tunjangan yang diberikan kepada guru yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Guru Bukаn Pegawai Negeri Sipil disingkat GBPNS adalah Guru Bukаn Pegawai Negeri Sipil pada madrasah yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Inpassing аdаlаh рrоѕеѕ реnуеtаrааn jabatan, pangkat, gоlоngаn Guru Bukаn Pegawai Negeri Sipil (GBPNS) dengan pangkat, golongan, dаn jаbаtаn guru Pеgаwаі Nеgеrі Sipil.

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Madrasah adalah satuan pendidikan formal dalam binaan menteri agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dan kejuruan dengan kekhasan agama Islam yang mencakup Radhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan.

Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru.

Tujuan

Tujuan Pemberian Tunjangan Profesi Guru bagi guru madrasah bertujuan untuk meningkatkan:
  1. Kualitas proses belajar-mengajar pendidikann madrasah dan prestasi peserta didik.
  2. Kompetensi, motivasi, profesionalisme dan kinerja guru madrasah dalam melaksanakan tugasnya.
  3. Kesejahteraan guru madrasah.
  4. Pelaksanaan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru melalui KKG/ MGMP dan atau organisasi profesi guru lainnya.

Sasaran

Sasaran penerima Tunjangan Profesi Guru yaitu:
  1. Guru madrasah yang berstatus sebagai guru Pegawai Negeri Sipil yang melaksanakan tugas mengajar di madrasah negeri dan/atau madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat, memiliki sertifikat pendidik dan Nomor Registrasi Guru (NRG), memenuhi beban kerja, dan melaksanakan tugas dan fungsinya secara profesional sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  2. Guru madrasah yang berstatus sebagai guru Bukan Pegawai Negeri Sipil yang melaksanakan tugas mengajar di madrasah negeri dan/atau madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat, memiliki sertifikat pendidik dan Nomor Registrasi Guru (NRG), memenuhi beban kerja, dan melaksanakan tugas dan fungsinya secara profesional sesuai dengan peraturan perundang-undangan.


Besaran

Besaran Tunjangan Profesi Guru madrasah adalah sebagai berikut:
  1. Guru PNS diberikan tunjangan sebesar gaji pokok per bulan.
  2. Guru bukan PNS yang sudah disetarakan (inpassing) deiberikan tunjangan sebesar 1 (satu) kali gaji pokok perbulan disesuaikan dengan memperhatikan pangkat, golongan, jabatan dan kualifikasi akademik yang berlaku bagi guru PNS sebagaimana tercantum dalam SK Inpassing, tidak memperhitungkan ketentuan masa kerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  3. Guru bukan PNS yang sudah disetarakan (inpassing) deiberikan tunjangan profesi sebesar Rp 1.500.000 per bulan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Untuk lebih jelasnya Juknis Penyaluran TPG Bagi Guru Madrasah silahkan bapak/ibu unduh file berikut ini

Demikian informasi Juknis Penyaluran TPG Bagi Guru Madrasah, semoga bermanfaat.