Cara Menjadi Guru Hebat dan Cerdas Abad 21

Cara Bagaimana Menjadi Guru Hebat dan Cerdas

Bagaimana Menjadi Guru Hebat dan Cerdas. Kata orang salah satu pekerjaan yang mulia adalah menjadi seorang guru. Mungkin di waktu kecil ada beberapa dari kita bercita-cita ingin mencari guru. Dengan menjadi guru kita bisa mengajar di depan dan ingin menjadikan muridnya hebat dan cerdas.

Profesi guru saat ini sangat digemari masyarakat. Ada beberapa alasan kenapa profesi ini di masyarakat dan ditambah lagi guru tersebut berstatus sebagai pegawai negeri sipil. Yang pertama alasan orang ingin menjadi guru adalah keterpanggilan hati untuk mengajar, yang kedua ingin berprofesi sebagai guru, yang ketiga karena perintah dari keluarga, yang keempat karena biaya pendidikan guru terbilang relatif murah dan yang terakhir karena bingung ingin kuliah dimana.

Kembali ke topik utama sesuai judul di atas. Menjadi guru yang hebat dan cerdas merupakan dambaan bagi setiap insan yang berprofesi sebagai guru. Dengan menjadi guru yang hebat dan cerdas maka akan melahirkan generasi yang hebat dan cerdas dan siap terjun di kehidupan.

Banyak sekali buku-buku  yang bagus dan dikarang oleh para pakar pendidikan bagaimana menjadi guru yang saat beberapa tahun terakhir ini sering didengar yaitu guru profesional. Guru profesional adalah guru merupakan salah satu profesi yang ahli dan mahir di bidang pendidikan. Karena ahli dan mahir di bidang pendidikan maka dengan profesinya itu bisa memberikan kecukupan baik dari segi materi ataupun nonmateri.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar yang ingin bercita-cita menjadi guru supaya menjadi guru yang hebat dan cerdas. Guru yang hebat adalah guru yang bisa;
  1. Memposisikan dirinya sebagai pelayan murid. Guru mempelajari kepentingan dan kebutuhan murid, baik dari segi jasmani maupun rohani
  2. Sebagai pengkader pemimpin baru. Guru adalah pemimpin bagi murid-murinya. Oleh karena itu guru sepatutnya menyiapkan murid-muridnya agar menjadi pemimpin baru yang berjuang untuk kebaikan di masa akan datang
  3. Berperan sebagai sahabat. Guru tidak harus dihormati mati-matian oleh muridnya sehingga guru harus menjaga jarak kepada muridnya. Guru lebih mirip sahabat muridnya, ini berfungsi agar muridnya bisa mengeluarkan potensi di hadapannya.
  4. Berperan sebagai murid. Guru berperan sebagai murid adalah guru yang rendah hati karena muridnya merupakan cerminan dirinya. Kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri muridnya merupakan kekurangan yang ada pada dirinya. 


Kemudian berbicara tentang guru yang cerdas adalah
  1. Mempunyai integritas, guru yang mempunyai integritas adalah guru yang memahami dan mengetahui betul kapasitas dan kemampuannya
  2. Self motivation, guru yang bisa memberikan motivasi terhadap dirinya sendiri. dengan begitu seorang guru dapat mendorong dirinya agar lebih baik lagi.
  3. Berkembang, guru harus berkembang searah dengan kemajuan zaman agar tidak terlempar oleh lajunya perkembangan zaman yang sangat cepat.
  4. Kapabilitas, guru harus memiliki kecakapan, kemampuan dan keterampilan sehingga para murid merasa nyaman dan terayomi dengan adanya guru. 

Demikian semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin...

Referensi:Aziz, Amka Abdul. 2012. Guru Profesional Berkarakter. Klaten. Penerbit Cempaka Putih.