Cara Bank BRI Tingkatkan Kesejahteraan Guru Honorer

Cara Bank BRI Tingkatkan Kesejahteraan Guru Honorer

Dalam rangka ulang tahun BRI ke-124, BRI kembali meluncurkan program #BRIApresiasiGuru untuk Guru Hononer. Acara ini yang dihadiri oleh Direktur Konsumer Bank BRI Handayani, Founder benihbaik.com Andy F. Noya, dan perwakilan guru honorer dari SD dan SMP dari Maumere Nusa Tenggara Timur.

"Ide ini awalnya dari Andy, kebetulan 25 November yang lalu adalah hari guru. Lalu kita berdiskusi bersama untuk membuat program sosial di BRI. Ternyata responnya sangat bagus, ada 5.380 nasabah yang melakukan transaksi, dan menghasilkan dana Rp 173.600.000," kata Handayani di Kantor pusat bank BRI, Jakarta, Selasa, (10/12/2019).

Menurutnya, hal itu menjadi salah satu bentuk dorongan Bank BRI dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia yang unggul. Khususnya untuk guru honorer yang pendapatannya kecil sekitar Rp 50 ribu per bulan.

"Kalau bukan kita siapa lagi, kita semua harus mengingat peran guru, berkat mereka kita bisa sampai ditahap ini," jelasnya.

Dia pun mengajak kepada para influencer dan media, agar bisa mengajak masyarakat Indonesia ikut bergerak dalam mendukung kesejahteraan guru honorer.

Begitu pun yang disampaikan oleh pendiri benihbaik.com, Andy F. Noya, BRI sudah menerapkan tagline BUMN yakni Hadir untuk Negeri. Karena sudah menebarkan virus kebaikan mengajak nasabahnya untuk melakukan amal.

Dia memaparkan, bahwa di benihbaik.com, pihaknya membuat benih baik karena kesadaran orang terhadap masalah kemiskinan masih rendah.

Menurutnya, ujungnya kemiskinan adalah angka kriminalitas yang tinggi, dengan tingkat kriminalitas yang berbeda, serta munculnya radikalisme. Kemiskinan biasanya berkaitan dengan rendahnya tingkat pendidikan.

Kendati begitu, masalah banyaknya tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia, membuat masyarakat Indonesia sendiri kalah dalam berkompetisi, karena dipengaruhi oleh tingkat pendidikan yang kurang.

"Kita tidak boleh kalah, maka kita harus ikut andil bergerak dan mendukung guru agar terus meningkatkan kualitas SDM di Indonesia", kata Andy.